Rabu, 19 Mei 2010

FAKTA MENGEJUTKAN TENTANG INDONESIA



M. HARIWIJAYA & BERTIANI EKA SUKACA


Tahukah Anda, negara Indonesia adalah negara kepulauan terluas di dunia?
Indonesia terdiri dari 18.500-an pulau, membentang sepanjang lebih dari 1.906.240 km2.
Jika Anda naik pesawat dari Aceh sampai Jayapura, perjalanan di udara selama 8 Jam, Anda masih berada di langit Indonesia. Bagaikan melintas sepuluh negara di Eropa.


Tahukah Anda, jumlah Penduduk Indonesia adalah
terbesar ke-4 di dunia setelah China, Amerika dan India?
Jumlah penduduk Indonesia adalah + 208.472.770 jiwa (sensus 2004), dan saat ini sudah mencapai 217.000.000 jiwa. Luar biasa bukan?


Tahukah Anda, bangsa Indonesia memiliki jumlah suku terbanyak di dunia?
Jumlah suku-suku di Indonesia lebih dari 460 suku. Suku terbesar adalah Jawa, Melayu, Sunda, Madura, Batak, Aceh, Ambon, Dayak, Bali, Bugis, dan Makassar.


Indonesia memiliki kekayaan bahasa terbanyak di dunia,
yakni lebih dari 460 buah bahasa lokal. Setiap suku mempunyai bahasa tersendiri.


Tahukah Anda, Indonesia merupakan negara ke-16 terbesar wilayahnya
menurut buku The New Book of World Rangking (NBWR) edisi 1984.


Tahukah Anda, Indonesia merupakan negara tertua ke-70 di dunia.


Tahukah Anda, pada bidang pertahanan keamanan dinyatakan sebagai negara kuat ke-11 di dunia pada era pemerintahan Soeharto.


Tahukah Anda Merupakan negara penghasil beras ketiga dunia


Tahukah Anda Merupakan negara penghasil kopi keempat dunia



Tahukah Anda Merupakan negara penghasil kacang tanah kelima dunia

Tahukah Anda, Indonesia merupakan negara penghasil kayu terbanyak ketujuh di dunia. Sumber kayu terbesar di Indonesia adalah Kalimantan. Kayu terbagus untuk ukir mebelair dunia adalah Jati dan pohon jati hanya tumbuh di Pulau Jawa.


Tahukah Anda, Indonesia merupakan pemilik garis pantai terpanjang ke-12 dunia.


Tahukah Anda, Indonesia merupakan pengguna sepeda motor terbesar keenam dunia


Tahukah Anda, dalam pelayaran dalam negeri Indonesia menempati posisi keempat dunia


Tahukah Anda, dalam hal penerbangan sipil Indonesia menempai posisi ke-12 dunia


Tahukah Anda, dalam hal lapangan udara Indonesia menempati posisi ke-17 dunia


Tahukah Anda, Indonesia menempati rangking ketiga dalam hal angka neraca perdagangan di dunia sebagai suplayer bahan mentah


Tahukah Anda, Indonesia merupakan negara dengan ummat Islam terbesar di dunia?


Tahukah Anda, jumlah jamaah haji Indonesia adalah terbesar di dunia?
Jumlah jamaah haji Indonesia pada tahun 2008 adalah ........ jiwa dan selalu bertambah 10 % setiap tahun.


Tahukah Anda, Indonesia adalah negara terkorup ke-2 di dunia?
Negara terkorup di dunia adalah .....
Sedangkan negara terbersih adalah ....


Tahukah Anda, Indonesia adalah negara demokrasi terbesar di dunia saat ini?
Indonesia terdiri lebih dari 400 kabupaten, 135 kota, 34 propinsi.
Berarti dalam 3 hari, terjadi 1 kali pemilu memilih bupati, gubernur, presiden maupun calon anggota legislatif.


Tahukah Anda, pemilu 2009 adalah pemilu paling konyol
di dunia karena diikuti oleh 38 partai. Belum pernah ada negara yang menyelenggarakan pemilu multipartai dengan jumlah kontestan seperti Indonesia.


Tahukah Anda, kota Yogyakarta adalah kota terbersih dari korupsi di antara 50 kota se-Indonesia. Survei yang dilakukan Transparency International Indonesia yang dilaporkan pada Januari 2009 menunjukkan bahwa yogyakarta memiliki Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 6,43 dari 50 kota di Indonesia yang terdiri dari 33 ibu kota provinsi dan 17 kota yang signifikan secara ekonomi menurut BPS.


Tahukah Anda, Polri merupakan institusi paling korup di Indonesia? Survei yang dilakukan ... yang dilaporkan pada Januari 2009 menunjukkan
................. Institusi terkorup berikutnya adalah Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.


Tahukah Anda, Indonesia memiliki jumlah Kyai dan Ulama terbanyak di dunia. Jumlah Pondok Pesantren juga terbanyak di dunia.

Tahukah Anda, buku sistem belajar huruf Arab “Iqra’” karya Ustadz Humam Abu Bakar dari Kotagede Yogyakarta merupakan metode belajar huruf Arab bagi bangsa non-Arab terbaik dunia. Buku ini telah menembus Malaysia, Brunai Darussalam, Thailand, India, Pakistan, Kamboja, bahkan negara-negara Afrika.


Tahukah Anda, cadangan tembaga-emas di Papua merupakan terbanyak di seluruh dunia?
Data menunjukkan cadangan emas dunia adalah ...


Tahukah Anda, orang Indonesia terkaya menurut majalah Warta Ekonomi ialah Sudono Salim (Liem Sioe Liong) lahir 1916 dengan kekayaan sekitar US$ 2,4 milyar (1999).


Tahukah Anda, patung paling besar di Indonesia ialah patung Dwarapala Singasari yang berada di Candi Renggo, Kec. Singasari, Malang Jawa Timur dengan berat sekitar 40 ton dan tinggi 3 m.


Tahukah Anda, medali olympiade pertama (medali perak), direbut oleh panahan Indonesia pada waktu Olimpiade Seoul 1989 yang terdiri dari: Nurfitriyana, Kusumawardhani, Lilies handayani.


Tahukah Anda, masjid paling besar ialah masjid Istiqlal di Jakarta dengan kubah 45 m, gambar bulan dan bintang dari baja anti karat bergaris tengah 3 m. Gedung pendahuluan dan emper penghubung seluas 36.989 km2. Teras raksasa dan emper keliling seluas 29.850 m2, menara setinggi 6.666 cm dan lingkar 500 cm. Kapasitas tampung di ruang utama seluas 100 x 100 cm ialah 50.000 orang.


Tahukah Anda, masjid Kubah Mas Depok Jakarta, adalah masjid terindah di seluruh Asia. Dibangun oleh keluarga H. Saimun dengan kompleks seluas ......
Seluruh ornamen utama masjid berlapiskan emas. Kubah yang berukuran 9 x 9 m dilapisi emas 24 karat.


Tahukah Anda Candi Hindu tertua ialah Candi Pendawa di Dieng (dekat Wonosobo), Jateng, 650 M. Candi Hindu termegah adalah Candi Prambanan di Yogyakarta, 810 M. Candi Buda terbesar adalah Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah, 800 M.


Tahukah Anda Al Qur’an paling kecil ukuran: 2,3 x 1 cm, tebal 2 cm, memuat 30 juz, pemilik: keluarga M. Djaelani, Semarang. Al Qur’an paling besar ukuran 2 x 1,5 m milik pesantren Al ‘Asy’ariyah Wonosobo, Jateng dan merupakan paling besar di dunia.


Tahukah Anda Penghargaan Internasional pertama untuk produk jamu adalah Galian Singset produksi Jamu Jago yang memperoleh Medali Emas Selection dari Institute pour les Selections de la Quality, Belgia pada tahun 1984.


Tahukah Anda, letusan gunung berapi terdashyat di dunia terjadi di Gunung Nusa Tenggara Timur ...
Ledakan gunung berapi paling besar, terjadi pada tanggal 27 Agustus 1883 sewaktu Gunung Krakatau di Selat Sunda meletus. Lebih dari 160 desa hancur dan 36.380 jiwa manusia binasa. Kekuatan ledakan diperkirakan 26 kali lebih besar dibandingkan ledakan percobaan bom Hidrogen buatan manusia yang terdahsyat (Uni Sovyet). Juga rekor dunia.


Tahukah Anda Gunung api paling rendah (hanya 232 m di atas permukaan laut) berada di pulau Banda. Gunung api paling tinggi (5.000 m di atas permukaan laut) terdapat di Pulau Sangir. Gunung paling tinggi (4.884 m) terdapat di Irian Jaya yaitu Puncak Jaya wijaya. Gunung api paling aktif adalah Gunung Merapi di Yogyakarta - Jawa Tengah, lebih dari 84 kali letusan dan lelehan lahar dalam setahun.


Tahukah Anda Kabupaten terluas (132.220 km2) ialah kabupaten Merauke di Irian jaya.

Tahukah Anda Gelombang tsunami paling besar terjadi pada tanggal 26 Desember 2004, pukul 08.40 WIB. Terjadi di pantai selatan, barat, utara Aceh dan Sumatra Barat, serta negara Srilangka, India, Thailand, Madagaskar, dan Afrika. Korban Indonesia lebih dari 176.000 orang meninggal dunia dan 220.000 orang mengungsi dan kehilangan tempat tinggal.


Tahukah Anda, kota Kupang adalah kota terkotor dari korupsi di antara 50 kota se-Indonesia. Survei yang dilakukan oleh Transparency International Indonesia yang dilaporkan pada Januari 2009 menunjukkan bahwa Kupang memiliki Indeks Persepsi Korupsi (IPK) 2,97 dari 50 kota di Indonesia yang terdiri dari 33 ibu kota provinsi dan 17 kota yang signifikan secara ekonomi menurut BPS.


Tahukah Anda, pulau jawa merupakan paling padat penduduknya Dengan kepadatan penduduk di atas 700 jiwa setiap kilometer persegi, dan rata-rata laju pertumbuhannya sedikit di atas 2% setahun


Secara geologis, pulau ini tergolong salah satu pulau tertua di Nusantara. Lipatan kerak bumi yang membentuk barisan Pegunungan Schwaner dan Muller memiliki beberapa puncak



Tahukah Anda,Arca terbesar di Indonesia ialah arca dwarapala Singasari yang berada di Candrenggo kecamatan Singasari, Malang, Jawa Timur dengan tinggi 3 meter.




Tahukah Anda, Meriam paling unik bernama Si Jagur di taman Fatahillah jakarta





Tahukah Anda pulau peling besar adalah pulau kalimantan dnegan luas 737.000 km2



Tahukah Anda birama ¾ dalam komposisi musik gamelan pertama kali digunakan ol;eh Ki Nartosabdo (1925-1987)


Tahukah Anda, buku terkecil 6x6x6 mm pertama kali dimiliki oleh Suwarno, semarang.


Tahukah Anda, curah hujan tertinggi (5,254 mm pada bulan Agustus 1986) terdapat di pulau maluku Sulawesi Tengah




Tahukah Anda, danau terluas di Indonesia adalah Danau toba di Sumatra utara dengan luas 1.773 km2.



Tahukah Anda, foto berita pendaratan manusia pertama di bulan diberitakan di surat kabar Indonesia Suara Merdeka semarang.



Tahukah Anda, goa terpanjang ( 2000 m) ialah goa Petruk di Kabupaten Kebumen.


Tahukah Anda, gunung api terendah hanya 232 m diatas permukaan laut berada di pulau banda.


Tahukah Anda, gunung api tertinggi 5000 m di atas permukaan laut terdapat di pulau Sangir.


Tahukah Anda, Gunung tertinggi di Indonesia adalah Puncak jaya wijaya 4.884 di Irian jaya.


Tahukah Anda, Jembatan paling panjang Indonesia adalah Jembatan Suramadu, dan kedua jembatan Air Musi II Palembang.


Tahukah Anda, Indonesia merupakan jumlah perokok terbesar ketiga didunia.. 240 milyar produksi rokok pertahun di Indonesia.

6.5 detik 1 orang meninggal dunia karena rokok,

178 mati per hari karena rokok

Jumlah perokok di indonesia sekitar 140.800.000 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar