Jumat, 02 Juli 2010

KABAR DARI KEDUNGRANTI


Menpera Resmikan 534 Rumah di Gunung Kidul

"Menteri Negara Perumahan Rakyat (Menpera) Yusuf Asy’ari, meresmikan pembangunan 534 rumah ""celebration for completion of the reconstruction project"" di Kampung Temu Giring, Dusun Kedung Ranti, Desa Nglipar, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, DIY, Selasa (6/11).
Pembangunan rumah tersebut dilakukan oleh Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) bekerjasama dengan CARITAS Switzerland sebagai upaya meringankan beban para korban gempa 27 Mei 2006 silam yang melanda Yogyakarta dan sekitarnya. Dua alasan utama yang menjadi dasar dalam menetapkan Gunung Kidul sebagai lokasi proyek bantuan pembangunan rumah PUPUK-Caritas Switzerland, adalah, pertama, sejak pada masa emergency response hingga tahap rekonstruksi Gunung Kidul tidak banyak mendapatkan perhatian dan bantuan dari lembaga bantuan, selain itu, kedua, Gunung Kidul merupakan daerah termiskin di DIY.
Wilayah yang masuk dalam program bantuan ini meliputi Desa Pengkol, Desa Kedung Poh, Desa Kedung Keris, Desa Nglipar di Kecamatan Nglipar, Gunung Kidul. Dari total sejumlah 534 unit rumah, Desa Pengkol mendapat bantuan sejumlah 284 unit rumah, Desa Kedung Poh (130), Desa Kedung Keris (80) dan Desa Nglipar (40).
Keempat desa tersebut dipilih sebagai tempat realisasi program didasarkan pada beberapa pertimbangan seperti pertama, sebagian besar warga menjadi korban gempa bumi 27 Mei 2006; kedua, kondisi sosial dan ekonomi warga yang masih memprihatinkan yang tidak memungkinkan warga memiliki kemampuan untuk membangun rumah mereka kembali; ketiga, matinya roda ekonomi warga sebagai akibat dari terjadinya gempa; keempat, masih hidupnya tradisi gotong royong warga dalam hampir semua aktivitas kehidupan; kelima, relasi sosial antar warga yang kuat; dan keenam, realitas kehidupan sosial, budaya dan politik yang kondusif. "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar